Frequently Asked Questions

Apa itu Indofund.id ?

Indofund.id adalah sebuah portal pinjam-meminjam Uang berbasis teknologi (P2P Lending) dengan menggunakan website bernama Indofund.id

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Indofund.id silahkan kunjungi halaman About Us

Bagaimana cara meminjam dana?

Calon borrower dapat mengajukan peminjaman dengan cara mengisi form pengajuan pinjaman yang tersedia di halaman ini. Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi customer kami

Berapa batas minimum dan maksimum pinjaman yang dapat diajukan?

Batas minimum nominal pinjaman adalah sebesar Rp 5.000.000,- ( Lima juta rupiah), sedangkan batas maksimum pinjaman adalah sebesar Rp 2.000.000,- ( Dua milyar rupiah )

Berapa lama jangka waktu peminjaman yang dapat diajukan ?

Jangka waktu pinjaman yang dapat diajukan berkisar antara 1 – 12 bulan

Pinjaman seperti apa yang dapat diajukan?

Indofund.id hanya akan memproses pengajuan pinjaman yang ditujukan untuk kegiatan produktif yang digunakan sebagai modal kerja maupun investasi. Kegiatan produktif yang dimaksud ialah kegiatan untuk mengembangkan usaha yang sedang Anda jalankan.

Apakah perusahaan yang baru berdiri (Start up / Scratch / Concept) bisa mengajukan pinjaman?

Untuk perusahaan yang baru berdiri dan belum memiliki pendapatan yang dapat dijadikan rekam jejak historis , Anda tidak dapat langsung mengajukan pinjaman ke indofund.id. Namun Anda dapat menghubungi kami untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai hal tersebut.

Berapa besaran suku bunga yang dikenakan di Indofund.id?

Suku bunga yang dikenakan akan diperhitungkan oleh tim analis indofund.id melalui sistem penilaian kredit. Suku bunga yang dikenakan diberikan berdasarkan rating kredit Anda.

Rating kredit di indofund.id :

Rating Kredit Suku Bunga
A <12%
B 12% - 16%
C 16% - 24%
D 24% - 30%
E 30% - 36%

Apakah sebagai peminjam (Borrower) saya dapat nego dengan suku bunga?

Hasil dari Analisa secara manual maupun otomatis akan menghasilkan sebuah rating kredit yang nilainya diinformasikan terlebih dahulu untuk disetujui oleh Anda, sehingga bila besaran suku bunga juga bisa dinegosiasikan bilamana memiliki pandangan yang berbeda

Apakah pinjaman akan dibayarkan setiap bulan? Apakah itu pokok dan bunganya saja, atau ada yang lainnya ?

Skema pembayaran pada umumnya adalah berbentuk bulanan yang secara besaran hingga lunas, dibayarkan pokok cicilan dan bunganya. Namun analis kredit juga berhak mengubah sistem pembayaran baik cicilan bunganya saja hingga periode tertentu, maupun dengan kombinasi lainnya yang sesuai dengan usaha dan industri yang Anda miliki dengan motivasi utama yakni tidak memberatkan usaha yang Anda jalani.

Sehingga Indofund.id dapat sampaikan bahwasanya skema pembayaran bisa saja berbeda-beda dalam setiap pengajuan pinjaman

Adakah biaya lain yang dikenakan kepada peminjam (borrower) dalam pengajuan pinjaman ?

Anda akan dikenakan management fee sebesar 3 – 5 % dari total pinjaman yang disetujui.

Bagaimana tahapan pengajuan pinjaman hingga pinjaman disetujui beserta durasinya?

Step 1 : Pengajuan Pinjaman : Anda mengajukan pinjaman melalui form aplikasi pinjaman maupun menghubungi pihak ke 3 partner Indofund.id

Step 2 : Proses Approval : Form pinjaman diterima oleh Indofund.id dan akan diproses antara 1-2 hari kerja. Bila ada kekurangan data, maka akan segera dihubungi oleh pihak Indofund.id

Step 3 : Proses Listing : Setelah borrower menyetujui besaran cicilan per bulan dan durasi pinjaman, maka proyek borrower akan ditampilkan di website Indofund.id dengan durasi listing adalah 2 hari – 30 hari

Step 4 : Pendanaan Terkumpul : Setelah dana terkumpul maka dana akan masuk pada saldo di user login borrower dan pihak borrower bisa mengirimkan dana tersebut ke rekening tujuan yang telah didaftarkan pada sistem sebelumnya

Bagaimana mekanisme pembayaran cicilan ?

Perjanjian pinjam-meminjam akan dibuatkan sesuai dengan hari pertama dana sudah tersedia pada saldo di login username Anda. Dan masa pembayaran cicilan untuk bulan 1 adalah dari hari tersebut hingga 30 hari kedepan (Untuk lebih jelas bisa dilihat pada bagan)

Pembayaran cicilan dilakukan melalui virtual akun yang telah diterbitkan dan akan terkonfirmasi otomatis pada sistem selama besaran nominal yang dibayarkan sesuai dengan besaran yang ada di detail pinjaman.

Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca ilustrasi berikut :

1 Februari 2018 – Tuan A mengajukan pinjaman di Indofund.id sebesar Rp 12.000.000

3 Februari 2018 – Tuan A mendapatkan konfirmasi bahwa pinjaman disetujui sebesar Rp 12.000.000 dengan durasi 12 bulan dengan besar cicilan adalah Rp 1.020.000 setiap bulan, dan Tuan A menyetujuinya

4 Februari 2018 – Proyek Tuan A muncul di website Indofund.id dengan masa pengumpulan dana hingga 14 Februari 2018

10 Februari 2018 – Dana telah terkumpul 100% dan dana telah siap di saldo login Tuan A pada Indofund.id

Kontrak pinjam meminjam dikeluarkan oleh Indofund.id untuk Tuan A yaitu 10 Februari 2018 – 10 Februari 2019

Masa pembayaran cicilan adalah sebagai berikut :

10 Feb 18 – 9 Mar 18 : Rp 1.020.000

10 Mar 18 – 9 Apr 18 : Rp 1.020.000

10 Apr 18 – 10 Mei 18 : Rp 1.020.000

dst

Dalam kurun waktu 10 Feb 18 – 9 Mar 18, Tuan A dapat membayarkan cicilan pertamanya sebesar 1.020.000 melalui rekening virtual akun yang tersedia

Apakah ada biaya keterlambatan bila borrower terlambat dalam melakukan pembayaran?

Ada. Besaran denda atas keterlambatan pembayaran akan dikenakan dengan perhitungan per hari dengan besaran tercantum pada kontrak perjanjian pinjaman

Apakah borrower dapat melakukan pembayaran yang dipercepat ?

Anda dapat menghubungi customer service kami apabila Anda ingin melakukan pelunasan. Mekanisme pelunasan dipercepat dapat Anda baca pada perjanjian pinjaman.

Apakah meminjam di Indofund.id membutuhkan jaminan?

Setiap peminjam wajib memberikan jaminan namun jaminan yang diberikan tidak harus berupa aset tetap. Anda dapat memberikan jaminan dalam bentuk lain namun jenis jaminan yang diberikan akan turut mempengaruhi rating pinjaman Anda dan bunga pinjaman Anda.

Apakah saya perlu menghubungi tim indofund.id untuk menanyakan status pengajuan pinjaman ?

Anda tidak perlu menghubungi kami, bilamana pinjaman Anda dinyatakan layak oleh tim analis kami maka kami akan menghubungi Anda kembali.

Apakah saya bisa mengajukan keberatan atas ditolaknya pengajuan pinjaman ?

Indofund.id berhak untuk menolak pengajuan pinjaman dan tidak memberikan alasan dibalik penolakan pengajuan tersebut.

Selama proses penggalangan dana di indofund.id, apakah saya boleh mengajukan pembatalan pengajuan pinjaman ?

Anda boleh mengajukan pembatalan selama dana belum dikirimkan kepada Anda, namun Anda akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 5% dari nominal pengajuan pinjaman Anda.

Apakah ada biaya keterlambatan bilamana borrower terlambat dalam melakukan pembayaran ?

Ada. Biaya keterlambatan akan dihitung per hari keterlambatan dengan besaran dengan sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak pemberian pinjaman.

Apakah saya bertanggung jawab penuh atas semua informasi dan dokumen yang diberikan ?

Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas informasi dan dokumen yang diserahkan kepada indofund.id. Bilamana terdapat informasi atau dokumen yang tidak benar dan menimbulkan kerugian terhadap indofund.id ataupun lender maka tidak tertutup kemungkinan indofund.id akan melakukan tindakan hukum kepada Anda.

Bagaimana menjadi lender di Indofund.id ?

Sangat mudah. Anda cukup melakukan registrasi pada portal Indofund.id silahkan klik disini lalu silahkan Anda kunjungi project list yang saat ini tersedia untuk didanai dengan klik disini

Berapa batas minimum dan maksimum pinjaman yang dapat diajukan ?

Batas minimum nominal pinjaman adalah sebesar Rp 5.000.000,- ( Lima juta rupiah), sedangkan batas maksimum pinjaman adalah sebesar Rp 2.000.000,- ( Dua milyar rupiah )

Berapa bunga yang akan saya terima ?

Berbeda-beda sesuai dengan proyek yang Anda danai. Silahkan Anda cek proyek mengenai ilustrasi pendanaan

Apakah cicilan setiap bulan akan di transfer ke rekening saya?

Setiap pembayaran cicilan akan dikirimkan ke saldo pada user akun Anda di Indofund.id dan dapat Anda Tarik (withdraw) kapanpun dengan lama penarikan dana adalah 1x24 jam

Berapa penarikan dana minimum dari saldo?

Besaran penarikan dana minimum adalah Rp 50.000

Apakah ada biaya penarikan?

Indofund.id mengenakan biaya transfer sebesar Rp. 6.500,- setiap penarikan dana dibawah 100 juta sedangkan untuk penarikan dana diatas 100 juta dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000,-

Apa yang dimaksud dengan TKB90 ?

TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara Fintech P2P Lending dalam memfasilitasi kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari sejak jatuh tempo.

TKB90 hari dihitung dari 100% dikurangi nilai TKW90.

TKB90 = 100% - TKW90

TKW90 ialah tingkat wanprestasi atau kelalaian penyelesaian kewajiban di atas 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal jatuh tempo. TKW90 dihitung dari outstanding wanprestasi di atas 90 hari dibagi dengan total outstanding, dikali 100%

TKW90 = (Outstanding wanprestasi > 90 hari/ Total Outstanding) x 100%

Apakah antara lender dan borrower memiliki kesepakatan yang mengikat secara hukum?

Ya. Perjanjian pinjaman antara lender dan borrower akan disahkan melalui persetujuan di antara kedua belah pihak secara elektronik dan mengikat secara hukum.

Apa yang terjadi bila borrower terlambat membayar pinjaman?

Akan terdapat denda harian atas keterlambatan yang dapat Anda cek di perjanjian pinjam-meminjam, silahkan cek perjanjian tersebut di email Anda pertama kali proses pendanaan berhasil.

Silahkan cek juga poin selanjutnya mengenai gagal bayar.

Apakah ada potensi gagal bayar dari borrower?

Potensi gagal bayar dari setiap borrower tetap ada namun resiko gagal bayar ini berusaha diminimalisir oleh Indofund.id dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dalam menganalisa setiap pinjaman yang diajukan.

Apa yang dilakukan oleh indofund.id bilamana gagal bayar terjadi ?

Indofund.id tidak memberikan jaminan atas pengembalian dana dari borrower ke lender. Akan tetapi bilamana gagal bayar terjadi, indofund.id akan melakukan salah satu hal di bawah ini :

  1. Indofund.id akan melakukan penagihan baik yang dilakukan oleh tim internal indofund.id ataupun melalui jasa penagihan pihak ketiga.
  2. Melikuidasi jaminan yang diberikan oleh borrower.
  3. Merestrukturisasi pinjaman.

Apakah ada Jaminan dari Indofund.id atas dana yang dipinjamkan lender ke borrower ?

Indofund.id menyarankan agar calon lender untuk mempelajari dan memahami resiko dalam pendanaan kepada Peer to Per lending sebelum melakukan pendanaan sehingga calon lender dapat melakukan pertimbangan dan membuat keputusan yang tepat.

Sebagai penyedia layanan peer to peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, indofund.id tidak diperkenankan untuk menanggung atau menjamin pengembalian dana lender dimana hal ini sesuai dengan POJK No 77 Tahun 2016.

Bagaimana jika saya ingin memperbarui informasi bank?

Untuk memperbarui informasi bank Anda, silakan mengirimkan email ke contact@indofund.id dengan subject "Perbarui Informasi Akun Bank". Pastikan Anda juga menyertakan foto halaman depan buku tabungan agar kami dapat melakukan verifikasi ulang bahwa informasi yang Anda kirimkan adalah benar.

Keuntungan Lender & Borrower hanya di Indofund.id

Setiap member terdaftar di Indofund.id bisa mendapatkan akses program akselerasi yang bermanfaat bagi setiap pribadi, maupun bisnis dan usahanya.

Program akselerasi ini diberikan GRATIS dari Indofund.id melibatkan banyak partner professional agar bisa mengembangkan perekonomian di Indonesia.

Setiap member terdaftar dapat mengakses semua program akselerasi tersebut melalui login area.

Total Pinjaman

9.81 M

Total Akumulasi Pinjaman

9.11 M

Total Akumulasi Pinjaman Sepanjang Tahun

3.62 M

Total Outstanding Pinjaman

Jumlah Borrower

18

Jumlah Borrower

9

Jumlah Borrower Aktif

Total Biaya (Simulasi Pembiayaan)

Beban Biaya :

  • Bunga : 10% - 36% efektif p.a
  • Management fee : 3% - 5% per pinjaman

Simulasi Pinjaman :

  • Pokok Pinjaman : Rp. 10,000,000
  • Tenor : 1 Bulan

Nilai Pinjaman Terendah

Rp. 9,700,000

Nilai uang yang diterima Penerima Pinjaman

Rp. 10,083,333

Nilai uang yang harus dikembalikan

Rp. 383,333

Total Cost

0.01%

Persentase total cost/hari

Nilai Pinjaman Tertinggi

Rp. 9,500,000

Nilai uang yang diterima Penerima Pinjaman

Rp. 10,300,000

Nilai uang yang harus dikembalikan

Rp. 800,000

Total Cost

0.02%

Persentase total cost/hari

Layanan Pengaduan Pengguna

Layanan Pengaduan Indofund.id dibentuk dan dikelola sesuai dengan arahan dan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Dengan diberlakukannya layanan ini sesuai regulasi, Indofund.id berkomitmen untuk memberikan bantuan yang prima dalam rangka mengelola hubungan serta menyajikan informasi secara jelas dan terbuka kepada Anda, pengguna setia kami. Pengaduan Anda akan ditampung, dikoordinasikan, dan diselesaikan oleh Petugas Customer Service (CS) Indofund.id .

Sebelum melayangkan pertanyaan, memberikan saran atau kritik, maupun mengajukan keluhan, kami sangat menyarankan Anda untuk mempelajari terlebih dahulu rincian Layanan Pengaduan Indofund.id berikut ini;


JENIS LAYANAN

Live chat
Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Tim CS Indofund.id melalui whatsapp dari hari Senin – Jumat pukul 08.30 – 17.30 WIB mengikuti waktu operasional Indofund.id.

Email
Kirimkan pengaduan Anda ke cs@mail.indofund.id. Tim kami akan segera merespons sesuai waktu operasional Indofund.id.

Telepon
Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Tim CS Indofund.id melalui telepon (021) 25981342 pada hari Senin – Jumat pukul 08.30 – 17.30 WIB mengikuti waktu operasional Indofund.id.


PENYAMPAIAN PENGADUAN DAN PERMINTAAN INFORMASI

Indofund.id menyediakan layanan bagi para pengguna untuk menyampaikan pengaduan ataupun meminta informasi mengenai produk Perusahaan melalui layanan Customer Service dengan ruang lingkup:

  1. Melayani seluruh pertanyaan, keluhan, masukan, saran dan kritik untuk membantu Indofund.id menjadi lebih baik dalam melayani penggunannya.

  2. Memberikan solusi kepada pengguna sehubungan dengan permasalahan yang disampaikan.

  3. Melakukan klarifikasi kembali atas permintaan informasi dan/atau keluhan kepada Pengguna untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahpahaman dan kedua belah pihak mengenai permintaan informasi dan/atau keluhan Pengguna yang disampaikan.


STANDAR WAKTU PENYELESAIAN PENGADUAN

Berdasarkan sifat dan cara penanganannya, jenis pengaduan dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Untuk pemberian informasi atas pertanyaan yang diajukan Pengguna, standar waktu penyelesaiannya adalah maksimal 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima.

  2. Untuk pemberian respons dan penanganan atas masalah yang dihadapi pengguna, standar waktu penyelesaiannya adalah maksimal 10 (sepuluh) hari kerja sejak pengaduan diterima.

  3. Untuk pemberian respons dan penanganan atas masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan melibatkan Lembaga pihak ketiga maka akan diselesaikan berdasarkan kesepakatan secara tatap muka dengan Pengguna dalam rangka mengupayakan penyelesaian yang sebaik-baiknya.